22 Agustus 2008

Migrasi...Migrasi...

Migrasi tempat hosting benar-benar harus saya lakukan. Tempat hosting yang lama masa kontraknya sudah habis, dan harus diperpanjang lagi. Padahal, situs Cileungsi.com 'pada kenyataannya' bukanlah situs yang harus always on, dan saya pun tidak selalu bisa mengisinya.
Biarlah design web yang sudah saya buat dengan mengorbankan sekian hari dan malam itu saya simpan dulu. Kini, Cileungsi.com 'numpang' di public place saja...

Tampat hosting baru akhirnya saya pilih blogspot.com karena layanan ini masih 'benar-benar' gratis (walaupun ternyata tidak juga) dan ditunjang oleh system Google. Semua fasilitas/ layanan yang disediakan Google saya manfaatkan, termasuk system email dan lain-lain yang memang sebelumnya sudah saya gunakan (termasuk untuk Cileungsi.com).

Pemindahan hosting dan layanan tidak mudah juga. Domain Cileungsi.com saya beli dari sebuah registrar yang ternyata kurang bersahabat (dan saya sempat kehilangan sebuah domain yang sudah lama saya pelihara karena itu). Layanannya tidak termasuk DNS, sehingga untuk mengarahkan akses ke Cileungsi.com, terpaksa saya menggunakan pihak lain lagi, yaitu EveryDNS.net. Mudah-mudahan penyedia layanan gratis ini bisa istiqomah dengan layanannya.

Pengubahan setting DNS juga cukup rumit. Dari registrar, saya arahkan untuk membaca DNS Server yang disediakan EveryDNS.net. Lalu dari EverDNS.net saya arahkan ke berbagai layanan Google yang saya manfaatkan. Sempat timbul konflik ketika mengarahkan Cileungsi.com (tanpa www) dengan www.cileungsi.com, namun akhirnya solved juga. Proses pemindahan ini butuh waktu +/- 3 hari. Untunglah pas pekerjaan di kantor lagi sepi alias sudah rampung, belum ada kesibukan baru lagi.

Mudah-mudahan, dengan "hijrah" ini, Cileungsi.com bisa terus mengudara, dan bisa memenuhi harapan untuk menyajikan informasi tentang Cileungsi di Internet, serta bisa menjadi media komunikasi bagi para warga Cileungsi.

Semoga manfaat...

4 komentar:

RAFLI mengatakan...

Ok banget + tampilannya user friendly, tapi berita/informasi lainnya kurang banyak dari actualnya..hehehe mungkin baru on air kali yee..?!!

Ragnar Lodbork mengatakan...

Jika diperlukan, saya bisa kasih account hosting gratis di tempat saya.

kebetulan saya punya banyak space.

NS1.ServerHandal.com
NS2.ServerHandal.com

Sebelum NS nya dipindahkan tolong konfirmasi dulu ke saya. Saya akan tambahkan di hostingannya


Salam

YUAN YUDISTIRA
www.sabukhitam.com
- asli cileungsi lho -

Still Live Photography mengatakan...

Ada yang tau ISP di daerah citra indah???
daftar speedy susah banget katanya jalurnya belum ada laah, pada blok sblh udah pake...
please info ke edisandjaya79@gmail.com
thanks

PERCETAKAN TOP Graphic House mengatakan...

Mantap lah sekarang bisa komunikasi dengan orang-orang cileungsi skalian numpang promosi aku punya percetakan mau cetak apa aja dilayani spesialisasi Spanduk di tawarkan 10.000 permeter mau hub : 021 70464024 atau topgraphichouse@yahoo.com